Halo apa kabar neter? Jika Anda membaca postingan ini, anda tentunya mengerti apa itu adsense, bagaimana menghasilkan uang dengan adsense, kemudian melihat hasil laporan dan mengerti apa itu adsense earning.

Pada postingan lain, sudah saya jelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan adsense. Kali ini saya mau menunjukkan betapa jauhnya perbedaan pendapatan kita apabila memiliki website yang berbahasa Inggris yang dipasang iklan adsense dengan website yang berbahasa Indonesia.

Namun sebelumnya, saya jelaskan singkat saja mengenai adsense ini untuk para nubi yang sedang membaca.

 

Apa sih Adsense?

Adsense adalah iklan. Iklan yang diterbitkan oleh google. Konsumen membayar Google untuk memasang iklan, sementara pemillik web akan menerbitkan iklan tersebut dalam website nya atas ijin dan perjanjian dengan Google Adsense.

 

Berapa sih kita dapat duit dari Adsense itu?

Tergantung. ini lah contoh yang akan saya jelaskan perbedaannya. Jika anda punya website dengan bahasa Indonesia, maka tarif iklan yang dibayarkan kepada anda juga sangat murah. Sementara jika anda memiliki website yang berbahasa Inggris, maka tarif iklan tersebut juga lebih mahal.

 

Kalau saya orang Indonesia dan punya akun Indonesia bagaimana tarif Adsense-nya?

Dari negara manapun anda berasal,  tarif yang ditetapkan bukan berdasarkan pemilik akunnya, tapi berdasarkan website nya. Ini contohnya, saya punya akun Indonesia, dan mempunyai website yang berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia, dengan jumlah klik yang hampir sama… upah atau tarif yang dibayarkan oleh Google dalam bahasa Inggris bisa 5x lipat dibanding yang berbahasa Indonesia. Itupun tidak tentu, tergantung dengan nilai CPC (Cost Per Click). Apabila CPC nya bernilai tinggi, maka harga iklan bisa saja lebih dari yang anda bayangkan. bahkan saya pernah melihat teman dapat 1 klik iklan berbahasa Inggris senilai $9. Bayangkan kalau jumlahnya 50 klik saja sebulan. Kita sudah bisa menghasilkan $450  (Rp. 4jtan) sambil tiduran. Mulai ngayal….

READ  Gimana caranya supaya website bisa nomor 1 di Google

 

Apa sih CPC itu?

Nah CPC atau Cost per Click seperti yang disebutkan di atas adalah nilai atau jumlah yang dibayarkan kepada anda untuk 1 klik dari website anda tersebut . Ada lagi nih faktor lain yang bisa mempengaruhi CPC seperti; 1) bahasa iklan atau maksudnya dari mana iklan itu berasal, 2) negara si pengunjung atau yang nge-klik iklannya. Misalkan anda punya web berbahasa Inggris, tapi di buka oleh user di Pakistan, maka iklan yang keluar biasanya iklan bahasa Pakistan dari negara Pakistan. Sehingga nilai iklan itu sendiri lebih murah dan lebih rendah CPC nya dibandingkan iklan yang bahasa inggris dan diklik oleh user dari Amerika. Yaa.. tergantung mata uangnya lah. Kalau kita punya web bahasa Inggris yang laris manis dibuka di negara-negara maju seperti Amerika, Eropa dan Australia, maka adsense earning kita bisa melejit. Ngayal lagi….

checkidot! adsense earning

Silahkan lihat earning report adsense saya diatas, semoga anda memahami maksudnya.

 

Semoga bermanfaat,

 

Caprivhia

 

tags: adsense, adsense earning, CPC, cost per click, iklan adsense, cara menghasilkan uang dari adsense, apa itu adsense, google adsense, pengalaman adsense, iklan adsense, bisnis internet

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *