Nama negara Belanda ini sebenarnya sangat lekat dengan Indonesia. Mulai dari anak SD pasti sudah tahu, sebab nama negara Belanda sudah tercatat di buku pelajaran sekolah anak-anak sebagai negara penjajah. Namun disamping itu, negara Belanda juga sudah sangat terkenal di seluruh dunia karena tim sepak bolanya yang sukses dan negaranya yang maju. Hampir semua remaja dan orang dewasa yang hobi nonton bola, pasti tahu nama para pemain sepak bola nya, kecuali saya. Saya, sebelumnya sangat tidak perhatian dengan negara Belanda, apalagi sepak bola, juga tidak begitu hobi. Sehingga, selama puluhan tahun tidak tahu bagaimana negara Belanda.

2008 lalu saya kenal seseorang dari Belanda, dan kemudian menjadi pacar… maka mulailah saya mencari informasi tentang negara Belanda dan mendapat sebagian informasi juga tentang beberapa negara Eropa yang berdekatan dengan Belanda. Banyak informasi yang saya dapatkan dari sang pacar selama pacaran 4 tahun. Dan sekarang sudah menikah pula dengan beliau  selama 1 tahun. Disamping itu, saya pun membuat tulisan tentang perjalanan saya ke Belanda di tahun 2011. Hingga saat ini, blog [highlight]infobelanda.caprivhia.com[/highlight] sudah banyak dikunjungi pembaca dan memberikan informasi kepada teman-teman yang membutuhkan pengetahuan yang sederhana tentang bagaimana keseharian di Belanda dan pandangan saya tentang Belanda sebagai pendatang ke negara tersebut.

Dalam blog infobelanda.caprivhia.com ada beberapa kata kunci pencarian yang ingin ditanyakan oleh pembaca, dan pencarian informasi yang populer menurut catatan blog saya, bisa Anda lihat di halaman berikut: 100 Pencarian populer di blog Info Belanda, maka dari itu saya ingin meringkas beberapa jawaban untuk pertanyaan tersebut di sini, sekedar membantu memberi ilmu dan pengetahuan untuk teman-teman.

READ  Dilema Harkat Perempuan

lets take a look:

1. Apa bahasa Belanda sehari-hari?

>> Bahasa Belanda sehari-hari adalah “Bahasa Belanda” alias Dutch (dalam bahasa Inggris) atau Nederlands (dalam bahasa Belanda). Mereka tidak memiliki 300 dialeg bahasa seperti Indonesia, namun ada provinsi yang saya tahu masih menggunakan bahasa provinsinya sendiri yaitu Friesland dengan bahasa Friesland sendiri.

Bahasa Belanda sangat sulit diucapkan, bahkan negaranya sendiri seolah meningkatkan kesulitan dalam berbahasa. Itulah ciri khasnya. Berbeda dengan Indonesia, yang dulu memakai huruf tj sudah dirubah menjadi huruf C, huruf oe sudah dirubah menjadi U. Sementara bahasa Belanda banyak sekali menggunakan karakter konsonan yang sulit dan berurutan. misalnya

– moeilijk artinya sulit, contoh: Nederlandse taal is een moeilijke taal (bahasa Belanda adalah bahasa yang sulit)
– gemakkelijk artinya mudah, contoh: dit is makkelijk (ini mudah)
– gelukkig artinya senang. dsb..

2. Dimana belajar bahasa Belanda?

>> Bahasa Belanda bisa dipelajari dari online. Banyak sekali web learning Dutch dan forum Bahasa Belanda di internet. Anda tinggal google “Dutch lesson” atau “belajar bahasa Belanda online”. Jika ingin kursus, bisa juga ke Erasmus Huis di kedutaan Belanda di Jakarta. di kampus UI juga ada. Jika Anda ingin belajar sendiri, Anda pun bisa membeli buku naar Nederland dari website resmi naarnederland.nl dari Belanda. Ini direkomendasikan untuk panduan test bahasa Belanda ‘MVV examen’.

3. Menikah dengan bule Belanda.

>> Sungguh tidak mudah proses untuk menikah dengan orang Belanda, apalagi jika Anda ingin pindah ke Belanda. Jika Anda perempuan Indonesia menikah dengan bule Belanda, maka syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti suami banyak sekali, misalnya; suami harus punya pekerjaan tetap, tinggal di rumah sendiri, memiliki jaminan masa depan, dan memiliki standar gaji minimal yang ditentukan oleh IND di Belanda. Anda pun harus lulus ujian bahasa Belanda yang dikenal dengan MVV examen, dan juga harus masih sekolah bahasa dan ujian bahasa lagi setelah 1 tahun Anda tinggal di Belanda. Sungguh suatu perjuangan yang panjang. Jika Anda tidak lulus persyaratan atau suami tidak memenuhi syarat tersebut, maka bisa jadi kebahagiaan Anda akan tertunda untuk bisa bersama-sama setelah menikah

READ  Membuang SAMPAH MASYARAKAT Pada Tempatnya atau Masyarakat Membuang SAMPAH Pada Tempatnya

4. Apa oleh-oleh khas dari Belanda?

>> Mungkin Anda sudah melihat dimana-mana gambar sepatu kayu ala Belanda? Itu salah satu ciri khas Belanda yang bisa dijadikan souvenir. Selain dari itu, keju Belanda juga sangat khas. Namun karena saya bukan pecinta sepatu dan pecinta keju, apalagi mengunyah kejunya tersebut, saya lebih suka berbelanja pakaian yang serba murah di Belanda. Di Belanda banyak sekali pusat fashion. Barangnya berkualitas dan sangat terjangkau dengan mata uang Indonesia.

5. Berapa lama perjalanan ke Belanda?

>> Jika Anda berangkat dari Jakarta menuju Amsterdam (ke Schipol international airport Belanda), jarak tempuh antara 11-13 jam di atas pesawat. Jika melakukan satu kali penerbangan tanpa transit, mungkin sekitar 11 jam. Jika berangkat dengan 2kali penerbangan, transit di Dubai, bisa memakan waktu 2×7 jam. Jika Anda berangkat jam 00.00 seharusnya sampai jam 12.00, namun karena jarak waktu antara Indonesia dengan Belanda mundur 5-6 jam, maka bisa saja ketika Anda sampai di Belanda menjadi pukul 05.00. tergantung musimnya, untuk musim dingin, perbedaan waktu adalah 6 jam.

 

Sekian dulu bahasan kali ini. Untuk pencarian populer tentang Belanda nomor berikutnya, akan saya bahas lagi lain kali.

Semoga bermanfaat,

 

– Caprivhia

Jangan lupa LIKE and Share ya..

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *