Setelah tersiar kabar google adsense di baned massal di seluruh dunia, publisher banyak yang kapok bisnis di adsense, akhirnya saya agak berfikir mau ngarep dari google adsense lagi. Ya sudahlah, mari kita kembangkan sayap kreatifitas dan mencoba peruntungan di bisnis internet lainnya. Sebenarnya bisnis internet bukan hanya iklan saja, dimana orang-orang kenalnya hanya adsense, namun ternyata ada berpuluh-puluh cara bisnis dari internet. Mulai dari pasang iklan serupa google adsense, jual jasa di Fiverr senilai $5, jual jasa di elance.com sebagai pekerja part time atau pekerja lepas, bisnis affiliate dengan cara merekomendasikan website yang dituju, menjadi reseller dari amazon.com, dan lain sebagainya. Sekarang ada lagi yang ingin saya perkenalkan yakni yang disebut dengan PTR (Paid to Review).

PTR adalah semacam pekerjaan yang dibayar untuk mengulas. Prosedurnya begini; si pelamar pekerjaan membuat ulasan dalam bentuk artikel tentang sebuah produk atau sebuah website yang diminta oleh si pengiklan, yang mana artikel tersebut kita posting di website kita sendiri. Kedengarannya formal ya… Pekerjaan ini sebenarnya enggak sulit. Kita hanya menulis 100 hingga 500 kata sesuai permintaan si pengiklan dan menyebutkan produk atau website mereka di dalam kata atau kalimat kita tersebut, tentunya ada link langsung menuju iklan yang sedang dibicarakan. Harga PTR bermacam-macam, mulai dari $2 hingga $20 per satu kali review. Enak ya, hanya buat satu artikel saja bisa dapat uang hingga dua ratus ribu. Mau?

Tapi, tidak semudah itu kawan…  Ada beberapa hal yang harus kamu kuasai. PTR masih awam dalam bahasa Indonesia, sehingga pekerjaan banyak datang dalam bahasa Inggris dan tentunya website dan artikel juga harus dalam bahasa Inggris.  Kalau kamu punya kemampuan dan ingin mencoba, silahkan lirik website berikut melalui google yang menyajikan bisnis PTR:

READ  Inilah Tempat Jual Beli Jasa di Dunia Internet

p.s: Lain waktu akan saya bahas beberapa website di bawah ini.

1. Weblogs, Inc.

2. PayPerPost

3. Blogsvertise

4. Review Me

5. Smorty

6. SponsoredReviews

7. Mashable

8. Digital Journal

9. BlogBurner

10. Squidoo

11. About.com

12. LoudLaunch

13. Blogitive

14. BloggerWave

15. InBlogAds

16. BlogToProfit

17. Creative Weblogging

18. WordFirm

19. 451 Press

20. DayTipper

21. Helium

22. Dewitts Media

23. BOTW Media

24. CreamAid

25. BlogFeast

26. PayU2Blog

27. BuyBlogReviews

Facebook Comments

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *