Menjual jasa di dunia internet tidak selalu menggembirakan. Ada kisah sedihnya juga. Saya sudah 1 bulan belakangan ini bergelut di fiverr. Mencoba peruntungan dengan modal seadanya, dengan akun asli Indonesia, dan di setiap gig saya akan terpampang bendera Indonesia. Awalnya agak enggak pede, soalnya jarang yang mau order sama orang Indo apalagi berbau jasa. Jadi saya usahakan supaya pelayanan memuaskan dan harga semurah mungkin.

Dengan teknik pemasaran tersebut, saya sudah dapat order sebanyak 7 gigs dalam seminggu. Ini promosi alami lho, tidak mendatangkan traffic ke gigs itu sendiri walaupun saya menjual traffic. Sehubungan saya lagi kejar feedback nya minimal 10 saja, jadi pembeli malah saya batasi. Jangan sampai order membludak, karena harga promo rendah alias murah meriah. Siapa sih yang nggak mau beli gig saya “mendatangkan 10.000 pengunjung dengan harga $5 saja. Hanya karena akun ini baru dan penjual bukan dari US makanya enggak terlalu laris manis.

 

Setelah memenuhi beberapa order dalam seminggu, baru ketahuan aslinya Fiverr; uang saya tidak dicairkan sebelum si pembeli memberikan pemberitahuan complete dan memberi feedback atas gig yang saya jual. Wah, kesal dong, udah capek-capek jualan ternyata duit masih digantung. Sistim fiverr yang membolehkan menarik uang 14 hari setelah dicairkan pun saya masih bisa terima. Tapi ternyata tanpa feedback, pendapatan sendiri ditahan.

Ketika 2 hari lebih si pembeli tidak mau meninggalkan umpan balik atau feedback terhadap 3 gigs promo saya, akhirnya saya mengirim email ke support fiverr. Dan jawabannya, “uang Anda akan cair dengan sendiri apabila pembeli tidak memberikan feedback dalam 3 hari setelah gig Anda terselesaikan. Tapi buktinya, sudah 6 hari setelah gig complete, pendapatan saya blm juga dicairkan.

READ  Kemana perginya air pembuangan limbah di Belanda? Kok sungainya bisa bersih?

Kemudian saya kembali mengirim surat komplain ke support fiverr, dan akhirnya fiverr menanggapi dengan serius bahwa ada kejanggalan dalam scriptnya. Setelah surat saya ditanggapi, fiverr mengumumkan “sementara ada maintenance di fiverr”

Dan hasilnya, 2 hari sesudah itu, uang saya sudah diclearkan secara otomatis, namun tetap menunggu 14 hari dari hari pencairan tsb.

Hari ini saya sudah withdrawal dari fiverr, dan cuma dikenakan charges kurang dari $1. Sekarang semangat baru muncul lagi… Pantang menyerah! Ayo meraup dolar dari fiverr.

Buat yang belum mengerti apa itu fiverr atau situs fiverr.com, silahkan menuju postingan Tips cara jual jasa di Fiverr

Facebook Comments

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *