Ronggeng Dukuh Paruk adalah sebuah trilogi novel yang terdiri dari 3 buah novel Surat Buat Emak, Lintang Kemukus Dini Hari, dan Jantera Bianglala yang dibuat oleh Ahmad Tohari. Novel ini bercerita tentang perjalan hidup tokoh Srintil yang terpilih menjadi seorang penari ronggeng di kampungnya dan bagaimana keadaan itu mengubah jalan hidupnya dan juga kekasihnya. Dalam buku surat buat emak di tulis perjalanan hidup tokoh Rasus yang mencari gambaran emaknya dalam diri srintil. Rasus menjadi agak kecewa saat mengetahui Srintil yang baru berusia 11 tahun harus menjadi seorang ronggeng. Karena apabila Srintil menjadi ronggeng maka Rasus akan tak bisa lagi bermain dengan Srintil.

Selain itu sudah beberapa puluh tahun Dukuh Paruk tidak memiliki ronggeng akibat racun tempe bongkrek. Tapi pada kenyataannya pada malam Bukak Klambu Srintil menyerahkan keperwanannya pada Rasus. Dan setelah kejadian itu rasus pergi menghilang dari dukuh paruk. Kemudian rasus menjadi pembantu seorang tentara karena keamanan di desa Dukuh paruk terjadi banyak perampokan.pada saat perampokan di rumah nyai kertareja Rasus berhasil menyelamatkan Srintil. Dan pada akhir buku Surat Buat Emak ini diceritakan bahwa Rasus pergi meninggalkan Srintil dan Dukuh paruk

 

SINOPSIS :trilogi_ronggeng_dukuh_paruk
Semangat Dukuh Paruk kembali menggeliat sejak Srintil dinobatkan menjadi ronggeng baru, menggantikan ronggeng terakhir yang mati dua belas tahun yang lalu. bagi pedukuhan yang kecil, miskin, terpencil, dan bersahaja itu, ronggeng adalah perlambang. tanpanya, dukuh itu merasa kehilangan jati diri.

Dengan segera Srintil menjadi tokoh yang amat terkenal dan digandrungi. cantik dan menggoda. semua ingin pernah bersama ronggeng itu. dari kaula biasa hingga pejabat-pejabat desa maupun kabupaten.

Namun malapetaka politik tahun 1965 membuat dukuh tersebut hancur, baik secara fisik maupun mental. karena kebodohannya, mereka terbawa arus dan divonis sebagai manusia-manusia yang telah menggunacangkan negara ini. pendukuhan itu dibakal. ronggeng beserta para penabuh calungnya ditahan. hanya karena kecantiaknnyalah Srinti tidak diperlakukan semena-mena oleh para penguasa di penjara itu.

READ  Movie Trailer: Sang Penari (The Dancer)

Namun pengalaman pahit sebagai tahanan politik membuat Srintil sadar akan harkatnya sebagai manusia. karena itu setelah bebas, ia berniat memperbaiki citra dirinya. ia tak ingin lagi melayani lelaki manapun. ia ingin menjadi wanita somahan. dan ketika Bajus muncul falam hidupnya, sepercik harapan timbul., harapan yang makin lama makin membucah. tapi ternyata Srintil kembali terempas, kali ini bahkan membuat jiwanya hancur berantakan, tanpa harkat secuil pun…

Silahkan klik nama file berikut untuk mendownload.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di share ya..

[download id=”9″]

[download id=”10″]

[download id=”11″]

 

Facebook Comments

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *