Ini pembahasan yang keempat untuk menuntun Anda membuat toko online professional seperti emaskorea.caprivhia.com sebagai contoh yang berbasis OpenCart. Pembahasan sebelumnya pada OpenCart 1 adalah pengaturan toko Anda untuk pertama kali dan pembahasan berikutnya adalah pembuatan banner. Mengenai modules ini juga akan dibahas lebih detil masing-masingnya agar setiap moduls bisa Anda manfaatkan. Namun saya akan membahas beberapa moduls saja yang penting yang bisa menunjang toko Anda. Checkidot!

1. Banner

banner modules opencartBanner ini berguna untuk memunculkan banner Anda di halaman mana saja, Anda tinggal mengaktifkan dengan cara klik Instal terlebih dahulu. Kemudian klik edit. Dan pilih banner apa saja yang ingin Anda munculkan (pada menu banner), berapa ukurannya (dimension), dimana Anda ingin munculkan (layout) dan posisi banner tersebut (position). Jangan lupa enable-kan agar bisa muncul di halaman yag Anda tentukan. Sort berguna untuk mengurutkan banner Anda. Jangan lupa, bahwa banner yang bisa Anda munculkan adalah banner yang sudah Anda persiapkan sebelumnya di menu [highlight]System>> Design>> Banners[/highlight]. Panduan ini sudah ada di les OpenCart 3 pada web ini.

kategori opencart emas korea

2. Category

Menu kategori yang dimaksud adalah tampilan kategori dari produk Anda. Lihat contoh disamping yang ada pada web emaskorea.caprivhia.com.
Kategori ini bisa Anda munculkan pada halaman mana saja. Misalnya ingin dimunculkan pada halaman Kategori ketika orang melakukan klik terhadap kategori produk, misalkan kategori cincin, makan Akan muncul menu category di samping kiri atau sesuai position yang Anda pilih. Jika ingin ditampilkan juga di halaman Product, ketika orang melakukan klik terhadap detil ‘cincin abc’ maka menu category Anda akan muncul juga. Anda bisa memunculkan menu category ini dimana saja sesuai desain yang Anda atur.

READ  Brainreaderclub.com: Web Baru Langsung Index Nomor.1, Apa Rahasianya?

3. Featured

Menu ini berfungsi untuk mengelompokkan produk yang selalu tampil di halaman utama atau dimana saja posisi yang Anda atur. Caranya adalah, dengan mengisi form “Products” kemudian memilih produk-produk apa saja yang mau dimunculkan sebagai featured Product. Kemudian Anda tentukan layoutnya.

4. Latest

Menu Latest adalah menu untuk menentukan layout postingan produk yang terbaru atau terakhir. Anda bisa mengatur berapa banyak produk terbaru yang ingin Anda munculkan di halaman utama atau juga di halaman lainnya. Anda juga bisa mengatur posisi baik itu di kolom kanan kiri atau posisi atas bawah.

5. Specials

Pengaturan menu Specials tidak jauh berbeda dengan Latest, bedanya adalah apabila Anda tidak memiliki produk yang memiliki diskon, maka Anda tidak memerlukan menu ini. Jika Anda memberi diskon pada masing-masing produk, maka produk tersebut akan muncul di halaman yang Anda atur melalui menu ini.

6. Slideshow

Menu ini berfungsi untuk menampilkan slideshow banner Anda di halaman manapun. Tampilan utama slideshows yang bagus tentunya di halaman utama, tapi Anda bisa memasang disetiap halaman, mulai dari home, category, Product dsb dengan cara menambah masing-masing modul melalui klik “add module”.

Ingat, banner slideshow yang Anda bisa pilih di sini tentunya banner yang sudah Anda buat di menu banner (lihat OpenCart les 3). Untuk slideshow, cukup Anda gabungkan beberapa gambar ke dalam satu judul, sehingga ketika dipilih dari menu modules dengan satu judul akan memunculkan beberapa slideshow sekaligus. Kemudian Anda tinggal memasukkan angka ukuran sesuai layout banner Anda. Maksimal width adalah 980px dengan ukuran tinggi terserah Anda.

7. Information

Menu informasi ini berguna untuk memunculkan segala informasi yang ada di footer. Lihat gambar berikut:

READ  Web Study 6: Cara Membuat Tampilan Gallery Foto di WordPress

information opencart
Tapi ini bukanlah menu yang penting untuk diutak atik, karena secara otomatis, semua informasi yang sudah Anda tambahkan di menu [highlight]Catalog>> Information [/highlight]akan muncul dengan sendiri di footer ini. Jika Anda tambahakan, maka kemunculannya menjadi dobel. Untuk membuat posting tentang informasi, Anda bisa lihat di Menu Catalog>> Information dan insert setiap postingan yang ingin Anda tambahkan, atau edit yang sudah ada.

Pembahasan mengenai OpenCart berikutnya adalah bagaimana cara membuat posting Product di OpenCart. Silahkan subscribe melalui email Anda untuk mendapatkan update posting berikutnya. Jika Ada yang ingin Anda tanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Janga lupa like and share jika bermanfaat.

Semoga bermanfaat,

 

– Caprivhia

Facebook Comments

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *