Stronghold Crusader adalah  nama sebuah battle game (permainan pertarungan) yang mengusung generasi kastil dari  Timur Tengah dengan perlawanan terhadap perang salib.  Sejak pertama kali saya instal game ini di komputer beberapa tahun lalu, saya masih memainkan game ini hingga saat ini tanpa bosan. Karena bagi saya, Crussader bukan hanya sebuah game biasa, tetapi begitu banyak pengajaran yang bisa dihasilkan dari bermain game ini. Ada”sesuatu” di setiap misinya.  Berikut adalah faktor-faktor dalam game yang bisa mempengaruhi pola pikiran Anda, kemampuan berfikir, kecepatan membuat keputusan, pertarungan hati, pengendalian emosi, dsb. Let’s talk about it!

 

  • Enemy impact (dampak musuh)

– musuh mana yang harus dikalahkan terlebih dahulu?

Enemies adalah musuh-musuh yang akan Anda hadapi dalam 50 tingkatan misi. Musuh diciptakan dengan beberapa karakter. Masing-masing musuh memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada musuh (computer Lord) yang kaya tapi tidak memanfaatkan kekayaannya dengan tidak melakukan penyerangan sama sekali dan bahkan memiliki pertahanan yang lemah. Ada juga musuh yang miskin, namun sibuk dengan penyerangan terus-terusan pada Anda, hingga Anda sendiripun tidak sempat mendirikan kastil Anda, mengurusi rakyat, menempatkan perekonomian, membangun pertahanan, dsb. Di dalam misi, terdapat beberapa perlawanan terhadap musuh yang berbeda, juga jumlah musuh yang berbeda. Mulai dari 1 musuh hingga 10 macam musuh sekaligus. Juga ada sekutu yang diberikan kepada Anda, namun sekutu itupun belum tentu sebuah bonus untuk membuat Anda lebih kuat.

Di setiap misi game, saat Anda melawan musuh-musuh tersebut; Anda harus memutar otak untuk bisa menyelesaikan misi, bagaimana mengakali musuh yang terus-terusan datang berduyun-duyun membakar perumahan rakyat, ada musuh yang langsung datang membunuh sang raja, ada musuh yang memiliki pertahanan tingkat tinggi sehingga sulit dikalahkan, dan berbagai jenis musuh yang membuat Anda harus jeli mengatur “apa yang harus saya lakukan lebih dulu”, “seberapa cepat saya harus bertindak”, “musuh mana yang harus dikalahkan lebih dulu”, dsb.

READ  Web Study 4: Apa Bedanya Page Dengan Category Pada Wordpress?

enemy crusader

    • Ally impact (dampak sekutu)

– Salah memilih sekutu, maka Anda ikut hancur

Allies adalah sekutu yang bisa membantu Anda atau bahkan membuat Anda hancur. Apabila Anda salah dalam memilih sekutu, maka hancurlah Anda bersamanya. Di dalam game ini, ada beberapa karakter yang bisa dijadikan sekutu yang baik, dimana Anda bisa memintanya membantu Anda dalam kesulitan; seperti bantuan ekonomi, bantuan pertahanan serangan musuh, dsb. Jika Anda salah memilih sekutu, maka ketika sekutu tersebut bangkrut, dia akan terus-terusan meminta bantuan ekonomi dan tentara dari Anda, sementara dalam keadaan yang sulit bagi Anda, dia selalu berkata “saya sedang sibuk di sini”, atau “saya tidak menerima perintah dari siapapun”.

So, pesannya… carilah sekutu (partner bisnis, relasi, teman, sahabat) yang Anda anggap baik yang bisa mensuport Anda. Perasaan dan keputusan “Saya harus mencari sekutu yang benar” akan tercipta sendiri dengan munculnya gejolak emosi saat Anda bermain dalam game ini.

 

  • Granary impact (dampak lumbung)

    – Rakyat senang, kerajaan makmur

fire attack crusader

Granary adalah lumbung makanan. Anda bisa mengatur letaknya dimana, Anda bisa mengatur berapa banyak makanan yang Anda bagikan kepada peasant (rakyat jelata = petani), serta Anda bisa mengatur jenis makanan dan suplainya.

Kelalaian Anda dalam menjaga keamanan granary bisa mengakibatkan kebakaran dan kekosongan makanan. Keterlambatan Anda dalam membangun lumbung makanan ini membuat peasant Anda pergi meninggalkan kastil, sehingga Anda tidak punya siapapun yang akan dijadikan tentara untuk membuat pertahanan. Keterlambatan Anda dalam mensuplai makanan ke granary bisa membuat granary kosong sehingga rakyat Anda kelaparan, lagi-lagi mereka pergi meninggalkan kastil. Pembagian makanan dengan porsi yang sangat kecil juga mengakibatkan mereka pergi. Jadi, jika Anda rajanya, pemimpinnya atau presidennya… beginilah keadaan masyarakat atau pegawai Anda yang sesungguhnya. Yang mereka butuhkan hanya asupan makanan agar mereka bertahan hidup. Inilah faktor paling utama di dalam game ini, jika Anda mengabaikan lumbung makanan rakyat, maka jangan harap Anda menang.

 

  • Resource impact (dampak sumber daya)

– Maksimalkan sumber daya alam untuk memakmurkan rakyat!

READ  Dilema Harkat Perempuan

crusader land

Sumber daya yang tersedia terdiri atas tambang biji besi, tambang batu, tambang minyak, dan pertanian yang bisa anda bangun sendiri dari jenis tanah atau lahan yang tersedia. Jika Anda tidak membangun semua ini dengan cepat, maka Anda tidak memiliki hasil yang bisa diperjual belikan di pasar. Anda bisa menjual sumber daya mentah, atau mengolahnya terlebih dahulu kemudian baru menjualnya. Anda bisa membangun pertanian untuk supplai makanan peasant, atau memilih untuk menjualnya demi kekayaan kerajaan Anda. Anda juga bisa mnegolah gandum menjadi roti terlebih dahulu. Anda juga bisa memproduksi sendiri persenjataan perang Anda dari  sumber daya kayu dan biji besi. Apapun yang Anda lakukan, membuat, mengolah, dan menciptakan tentara; yang Anda butuhkan adalah peasant. Game ini tidak seperti game lain, dimana Anda bisa ajaib menciptakan tentara. Pada Stronghold Crusader, Anda hanya bisa membuat orang bekerja jika asupan makanan mereka stabil.

 

  • Peasant impact (dampak petani)

    – Rakyat adalah aset terbesar yang bisa memberi kekayaan

peasants

Pesant akan senang bekerja apabila asupan makanan stabil,  tidak kekurangan, dan pajak tidak tinggi. Apabila pajak tinggi, mereka akan mengeluh dan pergi, demikian juga bila makanan tidak tersedia. Namun Anda bisa membuat mereka tetap bekerja dan setia kepada Anda. Sebagai seorang Lord, Anda dapat menyeimbangkan ketidakcukupan kerajaan Anda melalui; penempatan pajak yang tinggi, dan ritme kerja yang tinggi. Bagaimana caranya? Dalam game ini, ada faktor lain yang bisa Anda manfaatkan seperti, membangun masyaratkat yang religious, dengan mendirikan gereja. Membangun taman bermain anak-anak dan beberapa ornament yang membuat rakyat betah, serta menyeimbangkan kesenangan rakyat dengan persediaan arak (ale). Sehingga ada strategi “membuat rakyat senang” agar Anda dapat menetapkan pajak yang tinggi sehingga pemerintahan menjadi kaya.

  • Tax impact (dampak pajak)

    – Pajak adalah sumber kekayaan utama dalam kesulitan.

READ  Memilih Tempat Duduk

crusader castle

Pajak adalah salah satu faktor penting dalam game ini. Untuk para pemula, mungkin Anda tidak menyadari kelebihan dari manajemen pajak. Kadangkala, Anda ditempatkan di sebuah ladang tandus tanpa lahan yang bisa digunakan untuk pertanian, tanpa tambang biji besi untuk membuat armory (persenjataan), tanpa tambang batu untuk membangun tower (menara) dan benteng pertahanan kastil Anda. Di saat Anda tidak memiliki apa-apa, yang bisa Anda hasilkan adalah PAJAK!

 

Pajak yang ditetapkan terlalu tinggi pada rakyat, bisa membuat rakyat marah dan meninggalkan Anda. Sementara, pajak yang tidak diterapkan kepada rakyat dalam keadaan pelik adalah suatu kesalahan besar yang bisa menyebabkan kehancuran Anda, bukan saja rakyat meninggalkan Anda, namun musuh akan segera datang membunuh Anda tanpa mengalami kesulitan.

Di saat keadaan tersebut, saya harus menjadi orang yang sangat kejam, saya menaikkan pajak setinggi-tingginya untuk mendatangkan uang kepada pemerintah. Ada dua hal yang akan datang kepada saya di masa depan jika ini tidak saya lakukan; kehancuran dan kematian. Sedangkan dua hal yang akan terjadi ketika saya menaikkan pajak yang tinggi adalah dibenci dan ditinggalkan. Tiba-tiba saya harus berfikir ke masa depan. Inilah kelahiran sebuah strategi. Dan strategi tersebut bisa lahir di setiap misi.

[quote align=”center” color=”#999999″]Hidup dimulai dari NOL, apa yang akan Anda lakukan untuk kemakmuran di masa depan?[/quote]
.

 

TOBE CONTINUED…

tags: artikel, crusader, game battle, game misi, game perang, game terbaru, membuat rakyat senang, menetapkan pajak yang tinggi, mengatasi masa yang pelik, pemerintahan kaya, perang timur tengah, pertahanan terhadap musuh, strategi dan taktik game, strategi permainan, stronghold crusader, suplai makanan rakyat, trick crusader

Facebook Comments

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *