Long time no see, sudah lama tak menulis. Akhirnya alexa ranking anjlok dari peringkat 900ribuan jadi 5 jutaan.  Penting gak sih? Ya penting lah, namanya juga orang jualan. Kalau nggak teratas dan terpopuler, percuma aja cuap-cuap sendiri nggak ada yang dengerin. maka dari itu sodara-sodara, kalau Anda punya website itu mbok ya di jaga, dirawat, ditengokin minimal sebulan sekali. (talk to my self).

Di artikel ini saya mau menjelaskan betapa pentingnya huru hara dalam sebuah website atau blog. google suka blog huru hara alias rame dan ribut. Artinya blog Anda banyak isi yang bermutu yang bikin orang datang lagi dan lagi, terus nge save, bookmark, buka lagi, download sesuatu, dan dikomentari. Google tidak suka blog yang cuma basa basi, copy paste, isi nggak mutu yang bikin pembaca melirik kurang dari 1 menit pada blog Anda. Blog demikian jangan harap bisa ditarik google untuk muncul di mesin pencari nya. maka dari itulah Anda perlu memperhatikan blog dengan baik.

Berikut ini saya tuliskan The Secret of Popular Blog! Jika Anda ingin blog Anda teratas dan terpopuler, singkat saja. silahkan kerjakan ini…

1. Buatlah artikel yang bermutu. 

Bermutu yang dimaksud di sini adalah tulisan Anda sendiri, yang unik alias tidak copas dan tidak ada yang punya persis seantero jagad raya internet. Kalau Anda tidak bisa menulis, setidaknya 30% dari isinya berbeda dengan tulisan yang Anda tiru alias copas dari internet. ingat ya.. 30%. itu rahasia pertama. Rahasia kedua adalah menterjemahkan dari bahasa ke bahasa. Gunakan saja google translate. Terjemahkan artikel ke bahasa Inggris, kemudian bahasa Belanda, atau Bahasa Perancis, atau bahasa Arab, atau bahasa yang sulit, yang grammarnya suka dibolak balik, dan terakhir kembalikan ke bahasa artikel Anda. Misalnya bahasa Indonesia. Kemudian susun dan perbaiki kalimatnya, serta rapikan grammarnya. Rahasia ketiga adalah, buat tulisan yang lagi trend dibicarakan. Paksakan tulisan tersebut nyambung dengan blog Anda. contoh, lagi heboh politik pemilihan presiden. Paksakan saja menulis tentang ide politik atau kritikan Anda terhadap pemerintah. Karena pada trend moment ini, tulisan Anda akan di share jutaan orang. Kebetulan saya tidak suka perdebatan politik huru hara di blog saya, jadi saya tidak memanfaatkan moment ini. Kalau Anda tidak bermasalah ya silahkan dicoba, dengan trend lain-lain nya juga ya.

READ  Web Study 2: Apa bedanya wordpress.com dengan wordpress.org

2. Arahkan pembaca untuk berbagi di social media

Banyak orang yang malu malu untuk bilang ini, padahal efek dari share sangat dasyat. Anda harus menuliskand di tulisan akhir Anda agar pembaca mau membagikannya ke social media. ke facebook, ke twitter, ke linkedin, dsb. Satu orang yang membantu Anda untuk share, akan mendatangkan orang-orang lainnya yang akan men-share-kan tulisan Anda. Saya jamin web Anda akan ramai. Ada dua rahasia dibalik sharing tersebut. Yang pertama adalah untuk menaikkan traffic atau pengunjung. yang mana semakin banyak screening online blog Anda di dunia internet, akibatnya akan sangat disukai oleh google. Rahasia kedua adalah backlinks yang mana link Anda akan nangkring di Facebook yang memiliki ranking Alexa tertinggi kedua setelah google.
Apa itu Alexa ranking, Page Rank dalam SEO? Sebagian sudah saya jelaskan di beberapa tulisan saya. Silahkan dibaca artikel web studi lainnya.

3. Pergunakan kata kunci yang cukup, tidak lebih tidak kurang.

Google tidak suka blog yang maruk, dan nyampah. Di dalam satu artikel, gunakan kata-kata yang tidak diulang-ulang seperti sampah, kecuali Anda tidak punya ide, sebagaimana yang ditulis oleh media belakangan ini. contohnya

Pembunuh Angelina sudah ditetapkan oleh kepolisian pada hari ini, yakni ibu angkat Angelina. Demikian kata Kepala Polisi Bapak A “Kami sudah menetapkan pembunuh Angelina hari ini adalah ibu angkat Angelina

Kesalahan pada bahasa diatas adalah terdapat dua kali kata ‘Angelina’ dalam satu kalimat. kemudian dua kali kalimat sama yang diutarakan dalam satu paragraf yang singkat. Hal ini dikarenakan penulis tidak memiliki banyak ide untuk menulis lebih banyak dan lebih baik dengan menulis tulisan yang berbobot, melainkan mengejar target google yang mana setidaknya harus menyebut kata kunci 5x dalam satu artikel. Jika Anda menyebut 5x kata kunci dalam satu tulisan, artinya tulisan Anda benar-benar membicarakan itu. Google akan mengangkat tulisan Anda untuk pembaca yang mencari kata kunci tersebut. Itulah rahasianya, gunakan setidaknya 5x kata kunci dengan bahasa yang berbobot.

READ  Web Study 4: Apa Bedanya Page Dengan Category Pada Wordpress?

4. Tempat menyisipkan kata kunci atau keywords

Ini penting sekali. Banyak orang tidak mengerti bagaimana membuat tulisan yang ditembak jitu oleh google, kira-kira begitu maksudnya. Saya belum pernah menuliskan rahasia ini, karena untuk mendapatkan semua ilmu ini, saya harus beli pdf online dari master SEO di internet. Tapi kali ini, saya lagi baik hati bagi-bagi ilmu. Semoga di kemudian hari Anda sukses dengan ilmu ini.
Kembali ke topik artikel, ini adalah rahasia terakhir dimana seharusnya Anda menempatkan kata kunci? Ada tiga tempat, yakni pembuka, tengah dan penutup. 150 karakter pertama adalah pembuka artikel, yang biasaya disingkat oleh google dari paragraf awal. Pada paragraf awal, terutama beberapa kalimat pertama harus Anda selipkan apa yang Anda maksudkan. Kata kunci yang saya maksud bukan berarti hanya ‘kata/word’ bisa juga berupa ‘kalimat/sentence’ atau gabungan singkat beberapa kata yang biasa dituliskan pembaca di google search engine.
Posisi kedua adalah kata kunci di tengah tulisan. Jangan menulis artikel yang terlalu panjang.Yang paling efektif adalah menggunakan 500-600 kata dalam sebuah tulisan. kurang lebih 5 paragraf. Tulisan yang jitu ditulis di paragraf ketiga. Dan yang terakhir adalah posisi kata kunci pada akhir tulisan. Setidaknya tiga kalimat terakhir adalah rangkuman. Misalnya, saya menuliskan bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menjadikan blog nya populer dan teratas di mesin pencari google, dengan mengerjakan tips dan trik rahasia yang saya bagikan di sini.

Sekian saja tips singkat saya. tips dan trik ini gratis saya bagikan untuk Anda. Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat untuk Anda, saya harap juga bermanfaat untuk orang lain. Jangan lupa bantu share ya.

READ  Web Study 3: Apa yang Dimaksud dengan Plugin, Widget dan Theme pada Wordpress dan Kegunaannya

 

salam,

Caprivhia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *