Domain/ Nama Domain

Jika ditelaah secara formal, nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sedangkan bahasa sederhananya, nama domain adalah alamat website atau istilahnya URL, contohnya seperti; caprivhia.com, blogspot.com, gmail.com, wordpress.org, indonetwork.net dll. Huruf Akhiran com, id, org, net, biz, tv, dsb tersebut merupakan alamat server dari nama website yang ada di dunia internet. Huruf yang mengidentifikasi alamat server dari nama domain tersebut juga memiliki sistem yang diatur, baik secara internasional maupun nasional.

Secara umum, pengaturan nama domain berdasarkan level tingkat tinggi adalah sbb:
1. Top level domain untuk kode negara
Kode ini terdiri dari dua huruf, seperti; .id = Indonesia, .nl = Netherlands, .jp = Japan.
2. Top level domain generik
Domain ini terdiri dari 3 huruf atau lebih, seperti; .com, .net, .info, .org, dll.
3. Top level domain infrastruktur
Domain ini jarang dipakai dan satu-satunya yang diterima adalah .arpa. Sementara domain .root ada tapi tanpa kejelasan mengenai untuk apa keberadaannya.

 

Subdomain

Jika sudah mengerti apa itu domain, maka sangat mudah memahami subdomain. Subdomain beriringan dengan domain, maksudnya sama saja dengan folder dan subfolder yang ada di dalam drive komputer. Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Jika nama url nya belandatrip.blogspot.com, artinya; belandatrip adalah subdomain dari nama domain blogspot. Contoh lain misalnya shop.caprivhia.com, maka subnya adalah shop.

Sudah mengerti kan? Jika Anda mendaftar di blog seperti wordpress.com, blogspot.com, indonetwork.net dan memiliki nama website seperti caprivhia.blogspot.com, caprivhia.wordpress.com, artinya Anda mendaftarkan sebuah subdomain.

 

Hosting

Host artinya ‘tuan rumah’  – jika diartikan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Hosting merupakan sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Kalau tadi kita sudah punya nama domain atau alamat website, tentu kita akan meluncurkan berbagai macam informasi di dalam website kita tadi. Mungkin Anda ingin menampilkan foto-foto, gambar, tulisan, video dan lain sebagainya. Nah, tempat penyimpanan di dalam komputer yang terjaring di internet itulah yang kita sebut dengan hosting.

READ  Web Study 3: Apa yang Dimaksud dengan Plugin, Widget dan Theme pada Wordpress dan Kegunaannya

Jika Anda sudah mengerti membedakan mana yang dimaksud dengan domain, subdomain dan hosting, coba perhatikan iklan di bawah ini:

Inilah maksud iklan tersebut:

>> Unlimited Domains / Unlimited Domain Hosting: Bebas membuat nama website sebanyak mungkin dan tak terbatas di dalam satu akun atau satu host.

>> Unlimited Transfer/ Unlimited GB Transfer : Bebas mentransfer dari hosting manapun ke hosting bluehost dalam jumlah tak terhingga.

>> Unlimited Space/ Unlimited GB Hosting Space: ruang penyimpanan di server yang tak terbatas alias bisa menyimpan data sebanyak mungkin.

>> Unlimited Email Account: Bebas membuat akun email sebanyak mungkin dari nama domain, cont: support@caprivhia.com, sales@caprivhia.com

>> Free Domain: Gratis nama website atau satu domain, misalnya caprivhia.com

di dalam gratis domain, sudah mencakup gratis subdomain sebanyak-banyaknya alias tak terhingga.

 

Klik disini untuk mendaftar di bluehost

 

mari belajar membuat web

 

– caprivhia

Facebook Comments

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *