Berdasarkan pencarian dan pertanyaan yang pernah muncul di sini, maka saya akan menjelaskan perbedaan antara Page dengan Category pada blog WordPress.

Page

Page atau halaman adalah artikel khusus yang tidak tampil di posting update atau posting terakhir di website Anda. Page ini biasanya digunakan untuk membuat artikel yang wajib dibaca, atau wajib dilihat oleh pendatang ke website tersebut. Misalnya kita punya webstore atau toko online, terus kita mau menuliskan syarat-syarat penjualan, cara belanja, term and condition, privacy policy, dsb. Pada website atau blog biasanya Page digunakan untuk menulis tentang si pemilik blog seperti; about us, kirim pesan melalui contact, prakata atau penjelasan tentang blog yang sedang dikunjungi, dsb. Page ini sangat membantu penjelasan mengenai sebuah website. Biasanya blogger akan meletakkan posisi Page pada menu di header alias menu yang sejajar dengan Home (Beranda).

 

Posting dengan Category dan Tags

Apabila Anda membuat sebuah postingan di blog wordpress Anda, maka disarankan untuk memperjelas lebih rinci postingan tulisan atau artikel tersebut dengan Category dan Tags. Category digunakan untuk mempermudah surfer memilih grup tulisan postingan Anda. Misalnya postingan saya ini, adalah mengenai bahasan perbedaan Page dengan Category, dan di dalam artikel ini juga saya jelaskan mengenai menu, wordpress dan posting atau artikel. Maka, tulisan ini saya masukkan ke dalam kategori “Web Study”. Untuk lebih memudahkan surfer memahami isinya sebelum membaca, maka saya tambahkan Tags berupa “wordpress, menu, posting, artikel, page, category, dan belajar website”. Nah, apabila ada surfer yang mencari artikel dengan kata-kata yang termasuk di dalam Tags diatas pada website Anda, maka hasil pencarian akan menunjukkan artikel tersebut. Apabila Anda ingin pengunjung website Anda membaca kelompok tulisan melalui kategori yang sudah Anda buat, Anda harus mempermudah pecarian dengan meletakkan kategori tersebut di header pada Menu.

READ  The Secret of Popular Blog

 

Facebook Comments

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *