Cara belajar membuat website yang paling gampang untuk pemula adalah dengan mendaftar di blog gratis yang software-nya sudah disediakan berikut dengan hosting unlimited-nya seperti; wordpress, blogspot, multiply, dan provider terkenal lainnya. Namun jika Anda ingin di kemudian hari memiliki website sendiri dengan nama sendiri, atau nama perusahaan Anda sendiri, sebaiknya belajar membuat website gratis di WordPress.com. Jika nanti sudah mengerti, dan siap untuk memiliki website sendiri, maka menurut saya lebih gampang menggunakan software dari WordPress.org

Jadi apa perbedaan keduanya?

 

WordPress.com

WordPress.com adalah penyedia blog gratis, sama seperti blogspot dan multiply. Platform blog yang digunakan dinamakan dengan WordPress. Di wordpress.com kita bisa membuat blog secara gratis. Kita bisa membuat blog tanpa harus membeli hosting dan domain, semuanya dijamin gratis. Anda tidak perlu mendownload dan menginstall software wordpress karena sudah tersedia dan tinggal di isi dengan tulisan atau postingan Anda. Ada beberapa tema atau design yang tersedia gratis dan bisa diganti-ganti. Namun sayangnya, nama website Anda tetap diikutkan kepada induk domainnya yaitu wordpress.com. Misalnya Anda mendaftar dengan nama Tokokue, maka alamat website Anda adalah http://tokokue.wordpress.com

 

WordPress.org

WordPress.org adalah penyedia platform blog wordpress. Kita harus mendownload software wordpress dan menginstalnya sendiri supaya bisa menggunakan fasilitas dari wordpress secara gratis dan menggunakannya untuk blog atau website milik kita. Ada beberapa hal yang membuat orang ingin memakai software wordpress di website sendiri, yakni fasilitas pendudkung website yang tidak bisa dimanfaatkan di blog gratis. Misalnya Anda tidak bisa memasang adsense iklan di wordpress.com, namun Anda bebas memasang iklan di website Anda sendiri dengan fasilitas dari wordpress .org. Harap dicatat, bahwa website sendiri berarti domain sendiri dengan hosting sendiri, alias tidak gratis. Selain dengan fasilitas diatas, ada kelebihan fitur lain dengan memakai wordpress.org, sbb:

READ  The Secret of Popular Blog

 

Dapat mengganti Tema (Themes) sesuka hati

Beberapa tema memang sudah tersedia di wordpress.com, namun tidak selalu sesuai dengan selera dan kebutuhan kita.. Apabila Anda mempunyai theme favorit sendiri dengan membeli dari internet atau dapat download secara gratis, Anda bisa memasang dan menggonta ganti tema di website pribadi sesuka Anda, asalkan limit hosting Anda masih memadai. Di dunia internet, banyak sekali perangkat penunjang wordpress, termasuk berbagai tema gratis yang bisa di download dari wordpress.org dan dari website penyedia tema mana saja.

 

Dapat menambah plugin

Untuk keperluan-keperluan khusus, seringkali kita memerlukan plugin tertentu untuk di install, misalkan ingin menjadikan blog Anda sebagai blog e-commerce atau sebuah online shop, maka perlu menginstall plugin khusus untuk e-commerce. Hal tersebut tidak bisa dilakukan di wordpress.com.

Dua kelebihan diatas memliki makna yang sangat luas yang akan merubah sebuah website biasa menjadi luar biasa. Baik dari bentuknya maupun fungsinya. Fungsi sebuah website bisa didukung oleh plugin-plugin yang dipasang pada website tersebut, misalnya contact form, guest book, mp3 player, flash, slideshow, embed video, gallery show, html, adsense, iklan, referal, dsb. Dan theme yang bervariasi seperti dua kolom, tiga kolom, footer option, head option, slideshow header, dsb tergantung dari jenis website yang kita inginkan.

Untuk selanjutnya, akan saya jelaskan mengenai fitur-fitur diatas secara detail.

 

– caprivhia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *